Pada 5 April 2021, Badan Legislasi (Baleg) DPR-RI melaksanakan Rapat Pleno dengan Tim Ahli tentang Penyusunan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol. Rapat dipimpin dan dibuka oleh Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi dari Fraksi PPP.

Dalam rapat tersebut, Tim Ahli Badan Legislasi DPR-RI memaparkan poin-poin penting yang akan berkaitan dengan penyusunan dan pengaturan mengenai RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol. Dalam pemaparannya Tim Ahli Badan Legislasi DPR-RI menjelaskan beberapa hal yang mendorong penyusunan RUU Minuman Beralkohol. Salah satunya berkaitan dengan agama atau keyakinan sebagian besar agama di Indonesia yang mengharamkan minuman beralkohol untuk dikonsumsi.

Terlepas dari kontroversi dan perbedaan pandangan mengenai keberadaan minuman beralkohol di Indonesia, perlu juga diketahui mengenai adanya kelompok dan kebudayaan tertentu di Indonesia yang mengonsumsi dan menjadikan minuman beralkohol sebagai bagian dari keragaman budaya, ritual adat istiadat dan kebiasaan turun temurun, termasuk diyakini sebagai minuman untuk menjaga stamina.

Download Newsletter Vol 2, Juni 2021